Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com dan Panduan Ngeblog

Cara Membuat Blog Gratis di blogger.com Dilengkapi Dengan Gambar dan Panduan Blog. kali ini saya akan menulis artikel tentang cara membuat blog di blogger.com. Semoga artikel ini dapat bermanfat bagi teman-teman dan saya ucapka selamat datang di dunia blogger. Blog adalah salah satu media yang dapat kita gunakan untuk melakukan apa saja tentunya dalam hal positif.

Manfaat blog tergantung pada apa tujuan dari pembuat blog, Misalkan teman-teman ingin menjual suatu produk dimana teman teman ingin produk ini diketahui oleh semua orang maka blog adalah salah satu media yang tepat untuk mempromiskannya. Ada juga orang yang membuat blog dengan tujuan menuangkan bakat penilis yang ada pada dirinya dan ada juga yang membuat blog hanya karena iseng saja.

Cara Membuat Blog Gratis di blogger.com Dilengkapi Dengan Gambar dan Panduan Blog

Baik telepas dari itu semua pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman teman bagaimana cara mebuat blog yang baik, template terbaik untuk blog hingga bagaimana cara mengelolanya. Nah, jika anda penasaran dengan bagaimana cara buat blog di platform blogger.com maka simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com dan Panduan Ngeblog

Membuat blog sangatlah undah, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Karena kita ingin membuat blog menggunakan platform blogger.com maka kita tidak perlu repot memikirkan tentang kode html untuk membangun blog. Hanya perlu melengkapi data saja, untuk seting seo blog juga sangat mudah. Yang sulit adalah bagaimana konsisten dalam menulis di blog. Baca tips blog dari saya yang sudah saya bahas di artikel berikut Sulitnya Menjadi Blogger - Ini Tipsnya.

Di blog ini saya telah membahas banyak tentang blog, anda bisa ke menu bagian atas untuk melihat menu panduang blog dan adsense. Silahkan klik menu tersebut untuk mempelajari tentang blog. Anda juga bisa klik menu sitemap di bagian bawah ini untuk melihat daftar isi dari blog ini dan silahakan anda search dengan cara CTRL + F tulis blog dan enter. Maka semau artikel tentang blog akan anda temukan. Sebelum anda belajar bagaimana mengelola blog, berikut adalah 7 langkah untuk membuat blog secara gratis.

1. Tentukan Topik

Salah satu hal yang paling penting dalam membuat sebuah blog adalah penentuan topik yang tepat dan sesuai dengan bidang yang teman-teman sukai, hal ini bertujuan agar teman-teman tetap rajin dalam mengupdate artikel. Karena artikel adalah bagian yang paling vital bagi sebuah blog, tanpa adanya artikel maka blog tidak ada manfaatnya.

Banyak topik yang bisa teman-teman ambil, misalnkan blog dengan topik pembahasan Tutorial (Jadi semua yang ada pada blog tersebuat adalah tentang tutorial), Edukasi, Informasi, Hewan, Kesehatan, Olahraga dan masih banyak lagi. Pilih topik sesuai dengan minat dan bakat teman-teman.

2. Buat Akun Gmail

Akun gmail adalah salah satu hal yang paling penting jika teman-teman ingin membuat sebuah blog. jika teman teman ingin membuat blog di blogger.com maka teman-teman perlu alamat email "nama-email@gmail.com". Untuk membuat email sangat mudah teman teman tinggal klik "gmail.com". setelah teman teman masuk kehalaman seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Membuat Blog dan Email


teman-teman tingga mengisi semua data diatas dan nomor telephone "tujuannya untuk mengverifikasi alamat email supaya aktif".

3. Klik Blogger.com

Setelah memiliki alamat emai lankah selanjutnya adalah masuk kelaman blogger.com untuk tahap pembuatan blog. Setalah teman tema masuk kehalaman blogger.com maka akan maka anda bisa lengsung membuat blog menggunakan platform tersebut

4. Kemudian klik "Create Your Blog"

Langkah selanjutnya masukkan alamat email dan password yang telah teman teman buat.

cara membuat blog di blogger.com

5. Konfirmasi Profil Anda

Setelah berhasil login maka akan tampil halama awal blog yaitu Konfirmasi Profil Anda.

Dihalaman ini teman-teman akan diminta untuk memilih profil blog yang teman teman akan gunakan. Ada dua pilihan yaitu profil google+ dan Profil Blogger.

Pada tutorial kali ini saya memilih profil Blogger yang sederhana saja.

Buat Blog dengan Profirl Blogger

6. Masukkan Nama Tampilan

Lankah selanjutnya adalah Masukkan Nama Tampilan. Nama tampilan bisa diisi dengan nama apa saja, akan tetapi lebih baik diisi dengan nama lengkap teman teman.

Hal ini jika teman-teman mandaftar blog dengan tujuan untuk medaftarkan ikalan pada blog anda.

cara membuat blog



7. Buat Blog Baru

Setelah itu klik lanjut ke blogger dan klik Buat Blog Baru. Setelah klik buat blok langkah selanjutnya adalah mengisi data blog yang ingin teman-teman buat. sebagai contoh terlihat pada gambar dibawah ini.

cara membuat blog di blogger.com

Terakhir Klik Buat Blog.

Maka akan muncul halam temapat teman teman buat artikel, postingan statistik, komentar, kampanye, laman, tataletak, tema dan stelan. seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Cara Buat Blog di Blogger.com dan Panduan Ngeblog



Fungsi Menu-menu pada Blog

Berikut adalah fungsi dari masing masik icon pada gambar diatas.

1. Entri Baru adalah menu yang digunakan untuk membuat artikel baru.

Fungsi Menu-menu pada Blog



2. Postingan adalah tempat untuk melihat postingan ada 3 item yaitu semua, draf dan diterbitkan. pada item semua adalah semua artikel baik yang telah di publis dan yang masih di dalam draf. item draf adalah artiek yang belum di publis dan diterbitkan adalah artikel yang telah dipublis.

3. Statistik adalah menu yang digunakan untuk melihat statistik pengunjung blog.

4. Komentar adalah menu untuk meliat komentar pengunjung.

5. Kampanye adalah menu yang digunakan untuk mengkapanyekan blog teman tema atau mempublikasikan blog teman teman oleh google tentunya ini berbayar.

6. Laman adalah menu yang digunakan untuk membuat link halaman seperti membuat kontak, about us dan sebagainya. seperti pada bagian atas blog ini.

7. Tata Letak, seperti namaya menu ini berfungsi untuk mengatur tata letak blog teman-teman. pada menu ini, anda dapat menambah dan mengurangi widget yang mana yang diperlukan dan tidak diperlukan untuk ditampilkan.

8. Tema adalah menu yang digunakan untuk mengatu tema sesuai yang diinginkan. Ada dua piliha yaitu sesuiakan/costumize dan edit HTML. pada item sesuaikan/costumize teman-teman dapat mengatur ukuran blog jenis tulisan ukuran tulisan warna dan lain lain. pada menu edit HTML teman teman bisa mengedit menambahkan berbagai macam widgate dalam bentuk kode HTML. Pada Halaman HTML ini teman teman juga dapat menganti template blog dengan template yang teman teman download.

9. Setelan/setting adalah menu yang digunakan untuk mensetting blog teman-teman. ada 7 item yang dapat teman-teman setiting.

Cara Dapat Uang dari Blog

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang dari blog, misalnya seperti menjadi publisher iklan google adsense, menawarkan jasa backlink atau publis artikel orang lain di blog anda, menjadi affiliate dan masih banyak lagi.

Terkhusus untuk dapatkan uang di blog dari google adsense, terbilang susah-susah gampang. Karena google sendiri memiliki banyak sekali syart dan ketentuan. Namun, saya sudah membahasnya di artikel 7 Tips Agar Blog Diterima Google Adsense Untuk Blogger Pemula. Salah satu tips tersebut adalah menggunakan template blog premium atau berbayar.

Kenapa harus menggunakan template blog berbayar, karena tidak banyak link dan kode html yang membuat blog anda menjadi error. Berbeda jika anda menggunakan template blog gratisan maka akan banyak sekali error yang terjadi dan banyak link yang mengarah keluar ke blog pembuat template. Ini tentu saja membuat performa blog anda tidak bagus. Gunakan template blogger berbayar yang terbaik. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut: Template Blogger Premium Terbaik Untuk Daftar Google Adsense.

Itulah artikel mengenai "Cara Membuat Blog Gratis" semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman. Mohon maaf atas kekurangannya, jika ada kesalahan kata mohon dimaafkan dan jangan lupa share dan berikan komentar jika ingin bertanya. Terimakasih atas kunjungannya, Wassalam...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel